Friday 3 June 2011

Manfaat Lidah Buaya atau Aloe Vera

Khasiat tanaman lidah buaya telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Secara historis, tanaman yang dikenal juga dengan nama aloe vera ini dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan efektif sebagai obat pencahar.
Seiring perkembangan zaman, lidah buaya makin dipercaya sebagai obat tradisional yang bisa menangani sejumlah kondisi.
Bagian-bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sementara lateks diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.
Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli ini sering digunakan sebagai salep, losion, krim, dan sebagainya. Lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen. Tapi ada pula obat yang memakai keduanya. Berbagai produk olahan ekstrak lidah buaya sudah teregistrasi di BPOM RI.
Selain diproduksi menjadi obat-obatan, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan masyarakat dalam bentuk alami. Para wanita biasa menjadikan lidah buaya sebagai teman baiknya dalam perawatan rambut dan kulit. Mereka percaya, lidah buaya bisa membuat rambut lebih indah dan kulit menjadi lebih halus.
Lalu bagaimana kenyataan dari khasiat lidah buaya? Masyarakat menggunakan lidah buaya untuk mengatasi berbagai kondisi. Namun secara ilmiah, khasiatnya baru bisa mengobati empat kondisi di bawah ini, itu pun dengan statusnya yang masih mungkin.
Gatal dan ruam pada mulut dan kulit. Menurut penelitian, berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya selama tiga kali sehari selama 3 bulan, bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Hal yang sama berlaku jika mengaplikasikan gel mengandung lidah buaya sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan pada kulit.
Konstipasi. Lateks lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Namun penggunaannya juga bisa menyebabkan efek samping diare.
Cold sore atau luka pada bibir akibat virus herpes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari, bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks.
Psoriasis. Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya sekitar 0,5 persen selama 1-2 bulan bisa meredakan psoriasis. Tapi hasil tersebut tidak terlihat jika hanya memakai gel lidah buaya.
Untuk kondisi-kondisi di bawah ini, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah lidah buaya efektif sebagai obat :
Plak gigi.
Ketombe.
Kulit kering.
Obat nyamuk.
Penyembuhan luka seperti luka bakar.
Radang gusi.
Ruam popok.
Luka akibat berbaring terlalu lama di tempat tidur.
Radang dingin.
Peradangan di mulut.

Efek Samping Lidah Buaya
Penggunaan gel lidah buaya pada kulit sepertinya aman. Meski demikian, sesekali gel lidah buaya juga bisa membuat kulit menjadi terbakar dan gatal-gatal.
Tidak seperti gel, mengonsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi menyebabkan sakit perut dan kram. Tidak hanya itu, mengonsumsi lateks lidah buaya dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, darah dalam urin, dan gangguan jantung.
Selalu baca terlebih dahulu informasi yang tertera pada kemasan produk lidah buaya sebelum mulai menggunakannya. Ikuti aturan pemakaian dan hubungi dokter jika Anda ragu.
Tidak Semua Orang Bisa Mengonsumsi Lidah Buaya
Produk lidah buaya sebaiknya jangan asal dikonsumsi. Bacalah informasi pada kemasan untuk memeriksa apakah cocok untuk kondisi Anda. Ada sebagian orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya karena faktor keamanan.
Anak-anak. Khususnya yang berusia di bawah 12 tahun mungkin bisa mengalami sakit perut, kram, atau diare usai mengonsumsi produk lidah buaya. Maka sebaiknya hindari penggunaannya pada anak-anak usia tersebut kecuali di bawah pengawasan dan anjuran dokter.
Ibu hamil dan menyusui. Ada laporan yang mengaitkan lidah buaya dengan keguguran dan risiko melahirkan bayi berkondisi cacat. Demi keselamatan, lebih baik untuk menghindari hal ini.
Ingin operasi. Lidah buaya dapat memengaruhi kadar gula darah dan dapat mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi. Jadi hentikan mengonsumsi lidah buaya, setidaknya dua minggu sebelum operasi.
Penderita wasir. Anda bisa memperburuk kondisi diri sendiri jika mengonsumsi lidah buaya, khususnya lateks, saat menderita wasir.
Penyakit ginjal. Mengonsumsi lateks lidah buaya berlebihan juga dikaitkan dengan gagal ginjal. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ginjal Anda bertambah parah, hindari mengonsumsi zat tersebut.
Memiliki masalah usus. Lateks lidah buaya berpotensi mengiritasi usus.
Berhati-hatilah sebelum mengaplikasikan atau mengonsumsi bahan-bahan alami, termasuk lidah buaya. Bahan-bahan alami memang aman, namun tidak semuanya demikian terutama setelah diproses. Ada sebagian kalangan yang dilarang untuk mengonsumsinya. Maka cari tahu informasi sebanyak-banyaknya sebelum mengaplikasikan atau mengonsumsi sesuatu, atau bertanya langsung ke dokter. Dan utamakan untuk selalu menggunakan produk yang telah terdaftar di BPOM RI.


Cara Merawat Wajah Dengan Lidah Buaya.
Sudah bayak orang mengunakan lidah buaya,kaerna lidah buaya manyak manfaatnya untuk rambut kesehatan dan kecantikan.saya di sani akan bahas manfaat lidah buaya untuk kecantikan.karena merawat wajah dengan bahan-bahan alami sangat efisien juga berhemat jga bisa mendapatkan sesuai yang kita inginkan.berikut ini tips merawat wajah dengan lidah buaya.

Kandungan Tumbuhan Lidah Buaya
Kadar air 95 %
Karbohidrat (g) 0.30
Kalori (kal) 1.73-2.30
Lemak (g) 0.05-0.09
Protein (g) 0.01-0.06
Vitamin A ( IU) 2.00-4.60
Vitamin C (mg) 0.50-4.20
Thiamin (mg) 0.003-0.004
Riboflavin (mg) 0.001-0.002
Niasin (mg) 0.038-0.040
Kalsium (mg) 9.920-19.920
Zat Besi (mg) 0.060-0.320

Manfaat Aloe Vera atau lidah buaya:
Gel lidah buaya adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit. Bermanfaat untuk meremajakan kulit, menghidrasi kulit, dan membuat kulit terlihat segar sepanjang waktu.
Gel Aloe Vera memiliki sifat antimikroba, sehingga ideal untuk mengobati jerawat.
Lidah buaya Mengandung banyak zat antioksidan alami. Hal ini diketahui dapat mempertahankan kekencangan kulit, dan membuatnya menjadi krim anti-aging yang baik.
Aloe Vera juga dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, baik secara internal maupun eksternal. Hal juga digunakan untuk mengobati luka kulit akibat terbakar sinar matahari, gigitan serangga, eksim, dan luka biasa.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kulit
Tanaman lidah buaya memang sudah dari dulu di ketahui mempunyai banyak manfaat. Kebanyakan orang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat penyubur rambut, dan untuk mempercantik rambut agar terlihat hitam dan tebal. Namun ternyata manfaat tanaman yang satu ini tidak hanya terbatas itu saja, ternyata tanaman Lidah Buaya ini mempunyai manfaat lainnya.
Yaitu untuk kesehatan kulit, menurut penelitian ternyata tanaman lidah buaya ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit terutama pada kulit wajah. Mulai dari jerawat, wajah berminyak, komedo, noda hitam pada wajah dan yang lainnya. Bahkan luka bakar dan luka-luka luar ringan pun bisa diobati dengan tanaman ini, berikut ini informasi tentang Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kulit :

Menghaluskan Kulit Wajah
Manfaat yang pertama dari lidah buaya adalah dapat menghaluskan kulit. Caranya dengan mencampur 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok tepung, lalu tambahkan 1 sendok makan bubuk jeruk, kemudian aduk hingga rata dan oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Kulit Berminyak
Lidah buaya juga dapat mengatasi kulit berminyak, caranya cukup mudah dengan merebus gel lidah buaya hingga mengental atau menjadi pasta, kemudian tambahkan madu, aduk rata dan oleskan pada wajah, biarkan sejenakl dan bilas dengan air bersih.

Pembersih Wajah
Lidah buaya juga bisa di jadikan sebagai pembersih wajah, terutama untuk wajah yang sensitive. Caranya campurkan gel lidah buaya dengan 3 tetes air,susu dan jus mentimun, aduk rata dan oleskan pada wajah, biarkan sejenak lalu bilas.

Pelembab Kulit
Tanaman lidah buaya juga berfungsi untuk melembabkan kulit secara alami. Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan shea butter dan sedikit minya zaitu, lalu oleskan ke bagian wajah dan biarkan selama beberapa menit lalu bilas.

Mencerahkan Wajah
Untuk anda yang ingin kulit wajahnya terlihat cerah alami, anda bisa menggunakan lidah buaya. Caranya tumbuk gel lidah buaya, tambahkan sedikit air lemon, lalu oleskan secara merata ke bagian wajah, biarkan selama 15 menit lalu bilas.



Cara menggunakan gel lidah buaya pada rambut

Menggunakan produk yang salah pada rambut Anda dapat meninggalkan sisa bahan kimia dan menjadikan rambut lemas dan kusut. Lidah buaya adalah pengobatan alami yang dapat digunakan untuk memperbaiki rambut rusak. Selain itu, lidah buaya dapat membantu mengobati kerontokan rambut akibat penyakit maupun bahan kimia keras. Lidah buaya kaya akan vitamin, termasuk vitamin B, C, A, dan E, yang membuat rambut Anda lebih bersinar dan sehat.

Berikut langkah menggunakan lidah buaya untuk kesehatan rambut:
Campurkan secangkir shampoo dengan 2 cangkir lidah buaya. Pastikan Anda menggunakan cairan lidah buaya murni, bukan merupakan campuran atau kombinasi kimia. Campur dua bahan tersebut hingga rata.
Basahi rambut Anda terlebih dahulu dengan air, lalu pijatkan campuran ke rambut. Beri perhatian ekstra untuk kulit kepala. Lalu bilas secara menyeluruh dengan air. Anda dapat menyimpan sisa campuran dalam wadah kedap udara di lemari es.
Anda dapat membuat kondisioner sendiri dengan menambahkan 1 buah jus lemon, ½ cangkir lidah buaya murni, dan beberapa tetes minyak esensial untuk aroma. Campur hingga merata dan simpan di wadah tertutup rapat di dalam kulkas.
Ambil kondisioner lidah buaya di telapak tangan Anda secukupnya dan oleskan sepanjang rambut Anda. Biarkan meresap selama sekitar 10 menit lalu bilas.
Atau Anda juga dapat menggunakan gel rambut lidah buaya selain shampoo dengan beberapa merk yang beredar di pasar. Pijatkan ke kulit kepala lalu bilas hingga bersih.



Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Cara membuat masker lidah buaya ini, mungkin sebagian dari teman-teman sudah mengetahuinya. Bagi teman-teman yang belum tahu bagaimana caranya melalui artikel ini kami akan sedikit berbagai informasi tentang urutan pembuatannya dan sekaligus dengan apa saja manfaatnya. Silahkan dipelajari dan segera konsultasikan dengan ahli kecantikan pilihan teman-teman di salon and spa terpercaya.
cara membuat masker lidah buaya
Apa sebetulnya manfaat dari mengetahui cara membuat masker lidah buaya ini dan mengaplikasikannya untuk perawatan wajah. Manfaat dari masker lidah buaya ini adalah untuk membantu membersihkan kulit serta memberi kesegaran yang sekaligus juga membantu dalam menghaluskan kulit.
Persoalan yang banyak kita hadapi adalah timbulnya rasa lelah sebagai akibat dari beban pekerjaan ataupun beban studi saat kuliah membuat kondisi wajah kita berubah menjadi tidak segar. Kemudian ini diperparah lagi dengan adanya gangguan polusi udara setiap hari, yang kemudian menjadikan wajah semakin terganggu dan terlihat kusam.

Cara membuat masker lidah buaya yang sangat baik untuk wajah
Teman-teman tidak perlu teralu kuatir jika apa yang coba kami uraikan diatas ternyata juga teman-teman alami saat ini. Ada pilihan cara alami yang sangat bagus untuk membantu mengatasi masalah ini, yaitu dengan memahami cara membuat masker lidah buaya dan segera menggunakan masker dari daun lidah buaya ini. Bahan alami daun lidah buaya ini dikenal baik dalam membantu mendinginkan kulit serta memberikan kesegaran alami yang juga memberi nutrisi sekaligus membersihkan kulit sangat lengkap sekali manfaatnya untuk kulit wajah bukan ?. Dalam beberapa saran yang diberikan oleh para ahli kecantikan ada yang merekomendasikan untuk menambahkan madu. Madu ini ditambahkan untuk membantu memberikan kelembaban dan juga menjaga kulit kita dari terjadinya radang. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga kehalusan dan kekencangan.
Cara membuat masker lidah buaya ini tidaklah sulit, tetapi seperti biasa kami harus menyarankan kepada teman-teman untuk tetap berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau konsultan kecantikan herbal yang ada disekitar teman-teman semua. Hal ini wajib kami sampaikan agar teman-teman bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah berkonsultasi nanti teman-teman bisa segera mencobanya dirumah.

Bahan untuk membuat masker lidah buaya sebagai berikut:

Siapkan 30 gr lidah buaya, ambil pada bagian gelnya saja
Siapkan juga 2 sendok makan madu murni
Dan 1 sendok makan air mawar

Cara membuat masker lidah buaya dan pemakaiannya
Campurlah semua bahan-bahan tadi dengan blender, jika tidak ada bisa juga dengan cara menghaluskan gel dari lidah buaya ini dengan menggunakan garpu
Tuang di dalam wadah, dan segera masukkan dulu di dalam kulkas sampai menjadi dingin
Bersihkan wajah kita dan aplikasikan adonan masker lidah buaya ini secara merata pada seluruh bagian dari wajah kita
Pijatlah secara perlahan pada seluruh bagian dari wajah kita
Biarkan dulu selama kurang lebih 15 menit.
Bilaslah wajah kita dengan menggunakan air yang dingin
Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan menggunakan handuk kering.
Mudah sekalikan cara membuat masker lidah buaya ini. Penggunaan masker lidah buaya ini bisa rutin dilakukan 1X dalam seminggu atau sesuai dengan nasehat konsultan kecantikan teman-teman semua. Bisa juga dilakukan secara khusus pada saat wajah kita terasa tidak nyaman karena terlalu letih dan sangat membutuhkan relaksasi dan kesegaran ekstra. Sederhana, mudah dan kaya manfaat, silahkan mencoba!




Masker Wajah dari Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera
Aloe Vera atau tanaman Lidah buaya biasa digunakan untuk ramuan herbal, obat-obatan serta bahan kosmetik. Kita melihat kembali Sejarah sebelum masehi, di mana tertulis dalam dokumen Mesir tentang penggunaan Aloe Vera untuk pengobatan berbagai macam gangguan kulit dan kesehatan lainnya.
Rahasia Aloe Vera terletak pada daunnya yang panjang, yang banyak mengandung gel ajaib untuk kesehatan. Mengandung banyak senyawa bermanfaat, seperti polisakarida, lektin, mannans dll. ; Lebih banyak mengandung air, tetapi juga mengandung sebagian besar mineral, vitamin dan banyak senyawa aktif. Manfaat tanaman lidah buaya memang nyata, dan hal ini telah dibuktikan oleh hampir kebanyakan produk kosmetik dan obat-obatan yang menggunakan bahan ini.

Manfaat Aloe Vera atau Tanaman Lidah Buaya:
Gel lidah buaya adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit. Bermanfaat untuk meremajakan kulit, menghidrasi kulit, dan membuat kulit terlihat segar sepanjang waktu.
Gel Aloe Vera memiliki sifat antimikroba, sehingga ideal untuk mengobati jerawat.
Lidah buaya Mengandung banyak zat antioksidan alami.
Hal ini diketahui dapat mempertahankan kekencangan kulit, dan membuatnya menjadi krim anti-aging yang baik.
Aloe Vera juga dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, baik secara internal maupun eksternal. Hal juga digunakan untuk mengobati luka kulit akibat terbakar sinar matahari, gigitan serangga, eksim, dan luka biasa.

Cara membuat ekstrak Tanaman Lidah Buaya
Berikut adalah beberapa cara terbaik penggunaan lidah buaya, yaitu sebagai resep masker wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah.
Jika Anda membuat gel lidah buaya di rumah, dan ingin agar dapat digunakan secara teratur setiap hari, maka Anda bisa mengekstrak gel diekstrak sendiri dan menyimpannya kedalam wadah tertutup didalam kulkas. Dengan cara ini, gel lidah buaya akan selalu berada dalam kondisi yang baik, dan siap untuk digunakan nanti. Berikut Cara mengekstrak gel Aloe Vera di rumah :
Pilih daun lidah buaya yang baik dengan hati-hati, bagian tengah daun adalah mengandung sebagian besar gel.
Potong daun dari pangkal tanaman.
Sekarang, berdirikan daun dengan tegak selama 15 menit, ; agar getah mengalir keluar dengan baik. Getah lidah buaya adalah cairan berwarna kuning yang akan keluar saat Anda memotong daunnya. Biarkan cairan getah ini mengalir keluar semuanya.
Lalu Cuci daun untuk menghilangkan sisa cairan getah yang masih ada pada daun.
Taruh daun secara mendatar pada talenan, potong kedua sisi daun yang ada durinya. Setelah selesai, Anda harus mengelupas lapisan daun luar yang berwarna hijau, sementara potongan gel aloe vera yang transparan dengan bentuk kubus.
Atau, Anda juga bisa membelah daun menjadi dua bagian memanjang dari atas bawah, dan mengerok gel gel transparan dengan sendok.


Resep Paket Perawatan dengan Tanaman Lidah Buaya
cara membuat paket perawatan wajah menggunakan lidah buaya atau Aloe Vera sendiri di rumah :
1 . Paket Masker lidah buaya untuk kulit cerah :
Bahan :
Lidah buaya, Kunyit, Madu, Susu, air mawar.
Metode :
Buat bentuk pasta dengan sejumput kunyit , 1 sendok teh madu , 1 sendok teh susu dan beberapa tetes air mawar.
Tambahkan gel lidah buaya kedalam pasta, dan campurkan dengan baik. Jika Anda telah memotong gel lidah buaya menjadi bentuk dadu, Anda perlu mengaduknya hingga lembut.
Campur seluruh campuran supaya membentuk pasta.
Oleskan pasta secara merata pada wajah serta leher selama sekitar 20 menit .
Kemudian cuci wajah dengan air hangat atau dingin, setelah itu keringkan dengan handuk bersih untuk mendapatkan kulit yang cerah bersinar.

2 . Paket Masker lidah buaya untuk menghilangkan Tan :
Tan adalah masalah umum wajah bagi yang tinggal daerah tropik, dan juga sangat sulit untuk diatasi. Cobalah paket masker wajah anti tan sederhana ini untuk menghilangkan tan secara efektif .
Bahan : Lidah buaya, jus Lemon.
Metode :
Oleskan pasta gel lidah buaya dan jus lemon pada area. Biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya.
Atau, Anda juga bisa membuat campuran yang sama, dan mengoleskannya pada area kulit wajah yang terkena.

3 . Paket Masker Aloe Vera untuk mengobati tanda Pigmentasi pada wajah:
Bahan : Lidah buaya , air bunga mawar .
Metode :
Bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, tanda pigmentasi, luka bakar atau bekas luka dapat diobati dengan menggunakan gel lidah buaya .
Hanya dengan cara membuat pasta dari ekstrak lidah buaya dan air mawar, kemudian meratakannya pada wajah selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.
Paket ini juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajah. Pasta gel lidah buaya harus dipijat-pijatkan kewajah selama 2-3 menit ke wajah, ; kemudian dibilas untuk membersihkan pori-pori wajah.

4 . Paket detox Aloe Vera :
Bahan :
Lidah buaya, buah mangga, jus Lemon.
Metode :
Haluskan ekstrak gel lidah buaya bersama dengan buah mangga yang dipotong potong.
Tambahkan air jeruk nipis untuk membuat pasta, dkemudian mengoleskannya pada wajah hingga merata selama 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air dingin.
Paket ini akan mendetoksifikasi kulit Anda, sehingga menjadi bersih dan segar.

5 . Paket masker lidah buaya untuk kulit berminyak dan mudah berJerawat :
Bahan : Daun lidah buaya, madu.
Metode :
Rebus daun lidah buaya kedalam air, kemudian giling untuk membentuknya menjadi pasta.
Tambahkan madu pada pasta, dan meratakannya pada wajah selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
Ikuti cara ini setiap minggu untuk mengobati kulit berminyak, mudah berjerawat untuk mendapatkan kulit cerah.

6 . Paket Aloe Vera Masker untuk kulit sensitif :
Bahan : Lidah buaya, jus mentimun, Yogurt, minyak mawar.
Metode :
Buatlah pasta halus dari gel lidah buaya, jus mentimun dan yoghurt. Tambahkan beberapa tetes mawar atau minyak esensial lainnya.
Terapkan pada kulit, dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.
Paket ranuan ini akan menyingkirkan minyakdan kotoran dpada kulit, dan akan memberikan rasa bersih dan segar.

7 . Paket masker lidah buaya untuk Kulit Kering :
Bahan : Lidah buaya, Keju, Kurma, Mentimun, jus Lemon.
Metode :
Blender dua sendok keju cottage dan gel Aloe Vera, ambahkan beberapa kurma tanpa biji, irisan mentimun dan sedikit jus lemon.
Anda dapat membuat pasta ini dalam jumlah banyak, dan menyimpannya didalam kulkas untuk penggunaan dalam waktu yang lama juga .
Oleskan pasta pada wajah dan leher dan biarkan selama 30 menit. Kemudian Bilas dengan air dingin yang diikuti dengan air suam-suam kuku, dan terakhir lagi dengan air dingin lagi.

8 . Paket scrub Aloe Vera untuk sel kulit Mati :
Bahan : Lidah buaya, Ketimun, Oatmeal.
Metode :
Blender ketimun yang diiris dadu dan gel lidah buaya untuk membentuk pasta. Tambahkan oatmeal ke dalam campuran, ini dan campur dengan baik .
Meratakan pasta lembut ini pada wajah, ; dan pijat ddengan gerakan melingkar.
Biarkan selama 10 menit atau lebih sebelum Anda membilasnya .

9 . Paket Masker Aloe Vera untuk kulit kering dan tua :
Bahan : Lidah buaya, Almond.
Metode :
Tambahkan bubuk almond kedalam gel lidah buaya, ; dan campurkan dengan baik untuk membentuk pasta.
Oleskan pada wajah dan leher, kemudian biarkan selama 15 menit sebelum Anda mencucinya.

10 . Paket masker Aloe Vera untuk kombinasi kulit kering:
Bahan : Lidah buaya, minyak zaitun, mentega Shea.
Metode :
Campurkan gel lidah buaya, minyak zaitun dan shea butter untuk membentuk pasta, dan kemudian oleskan pada wajah dan leher Anda.Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ini akan membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga tetap terlihat bersih dan segar.



Cara Buat Gel Lidah Buaya - Make Aloe Vera Gel
Gel lidah buaya adalah salah satu bahan alami dengan fungsi penyembuh yang sangat baik. Gel ini dapat digunakan untuk melembapkan kulit, merawat kulit yang terbakar, dan meredakan iritasi. Untuk membuatnya sendiri, yang Anda butuhkan hanyalah tanaman lidah buaya yang sehat. Gel lidah buaya dapat dicampurkan dengan bahan-bahan lain untuk membuatnya lebih tahan lama selama lebih dari beberapa hari.
Daun lidah buaya
Gel Lidah Buaya - Aloe Vera Gel


Bahan
Daun lidah buaya
Opsional: 500 mg vitamin C dalam bentuk serbuk atau vitamin E 400 IU (untuk setiap 60 ml gel).
tanaman lidah buaya
Vitamin C

Langkah 1.
Bersihkan tangan Anda. Merupakan hal yang sangat penting untuk memulainya dengan tangan yang bersih dan menggunakan peralatan yang telah dicuci untuk memastikan gel tidak akan terkontaminasi.


Langkah 2.
Potonglah daun yang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya. Daun di bagian tersebut biasanya telah tumbuh membesar atau menebal dan lebih matang, serta banyak mengandung gel dalam kondisi yang masih baik dan segar. Pilihlah daun yang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya dengan pangkal yang langsung tumbuh dari tanah. Gunakan pisau yang tajam untuk mendapatkan potongan yang rapi di sekitar pangkal tanaman.
Karena sifat gel lidah buaya yang mudah rusak, jangan buat dalam jumlah yang banyak sekaligus, kecuali jika Anda berencana untuk membagi-bagikannya. Potonglah 1 atau 2 buah daun lidah buaya yang berukuran besar dan seharusnya daun tersebut akan cukup untuk menghasilkan gel sebanyak 120-240 ml.
Terutama jika umur tanaman Anda masih muda, berhati-hatilah untuk tidak memotongnya sampai benar-benar habis sekaligus. Memotong semua daun yang tumbuh di bagian paling luar dapat merusak tanaman.


Langkah 3.
Keluarkan resin (getah) dari daun dengan mendiamkannya di dalam mangkuk selama 10 menit. Letakkan daun di dalam mangkuk dengan posisi tegak lurus dan biarkan resin yang berwarna kuning gelap mengalir keluar sampai habis. Resin tersebut mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengeluarkan semua resin dari daun agar tidak tercampur dengan gel Anda.


Langkah 4.
Kupaslah daun tersebut. Gunakan alat pengupas sayuran untuk mengupas bagian kulit daun yang berwarna hijau secara perlahan. Pastikan untuk mengiris lapisan daging yang transparan untuk mendapatkan gel di baliknya. Kupaslah kulit daun hanya pada satu sisi untuk setiap daun sehingga berbentuk hampir seperti sebuah sampan yang dipenuhi dengan gel.
Memotong daun yang berukuran besar menjadi potongan yang lebih kecil terlebih dahulu akan memudahkan Anda untuk mengupas kulitnya.
Ketika Anda mengupas, segera buang kulit daun yang telah terkupas sehingga tidak tercampur ke dalam gel.


Langkah 5.
Koreklah gel dengan menggunakan sendok. Sangat mudah untuk menyendok gel yang lembut dan bening tersebut. Pisahkan semua daging dan gel dari kulit daunnya sampai tidak ada yang tersisa ke dalam sebuah mangkuk bersih.


Langkah 6.
Pertimbangkan untuk mencampurkan gel dengan pengawet alami. Jika Anda memiliki gel yang sangat banyak dan ingin menyimpannya selama satu atau dua bulan, campurkan dengan 500 mg vitamin C dalam bentuk serbuk atau vitamin E 400 IU untuk setiap 60 ml gel yang Anda miliki. Campurkan semua bahan sekaligus sampai merata dengan menggunakan blender dan gel akan terlihat berbusa setelahnya.


Langkah 7.
Tuangkan gel ke dalam botol kaca bersih yang telah disterilkan. Gel tersebut akan bertahan selama beberapa bulan di dalam kulkas jika Anda menggunakan pengawet. Jika tidak, gel hanya akan berumur satu sampai dua minggu.


Langkah 8.
Gunakan gel tersebut. Oleskan pada kulit yang terbakar karena matahari atau luka bakar ringan lainnya. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit atau sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan tubuh yang dapat dibuat sendiri.
Gel lidah buaya sebaiknya hanya digunakan pada permukaan kulit yang teriritasi. Jangan pernah mengoleskan gel pada luka sayatan atau kulit yang melepuh karena dapat menghambat penyembuhan luka sebagaimana mestinya.
Cobalah untuk mencampurkan 60 ml minyak kelapa yang telah dicairkan ke dalam 120 ml gel lidah buaya untuk membuat krim pelembap yang manjur untuk pemijatan.
Pelajarilah cara menanam lidah buaya sehingga Anda bisa membuat gel dari tanaman tersebut kapan pun yang Anda inginkan.


Tips
Sebagai pengganti vitamin C, Anda bisa menghancurkan vitamin C dalam bentuk tablet dan mencampurkannya ke dalam gel. Mencampurkan beberapa tetes ekstrak grapefruit juga bisa Anda lakukan untuk mengakalinya.

Peringatan
Lidah buaya memang dapat dikonsumsi secara langsung. Walaupun demikian, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena lidah buaya memiliki efek laksatif.
Pakailah sarung tangan untuk memegang lidah buaya jika Anda memiliki alergi terhadap getah.

Sumber: id.wikihow.com/Membuat-Gel-Lidah-Buaya

Tag:
Cara Mudah Membuat Ekstrak Lidah Buaya.
Lidah buaya untuk masker wajah.
CARA MEMBUAT MASKER LIDAH BUAYA.
LOTION LIDAH BUAYA.
Cara Membuat Ekstrak Lidah Buaya.
Khasiat Lidah Buaya.
gel lidah buaya mengandung berbagai manfaat untuk rambut dan kulit, seperti vitamin B kompleks, asam folat, beta karoten dan vitamin C.
Lotion lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit kering dan mengurangi sunburn pada kulit.
Gel lidah buaya adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit. Bermanfaat untuk meremajakan kulit, menghidrasi kulit, dan membuat kulit terlihat segar.